pasti tau lah sama Game Flash.
yg belum tau boleh download contohnya di sini. game by Fahmi Setiadi!
nah.. klo Bro & Sist ingin tau gimana cara buatnya, ikuti langkah2 berikut:
1. Buka Adobe Flash CS, klik action script 2.0
2. Buat lingkaran menggunakan oval tool. Copy kemudian paste sebanyak 7 kali (bisa kurang bisa lebih sesuai selera)
3. Pada 4 lingkaran pertama warnai dengan warna putih. 4 lingkaran lainnya warnai dengan warna yang berbeda, misal kuning, hijau, merah, biru.
4. Beri nama lingkaran putih sesuai warna yang ada pada 4 lingkaran yang berwarna.
5. Kemudian, satu persatu 8 lingkaran ini diconvert ke simbol dengan cara, klik kanan pada lingkaran, kemudian convert to symbol. Pilih typenya "movie clip", dan dengan masing-masing lingkaran diberi nama sebagai berikut :
-lingkaran berwarna biru : buble_biru
-lingkaran berwarna kuning : buble_kuning
-lingkaran berwarna merah : buble_merah
-lingkaran berwarna hijau : buble_hijau
-pada lingkaran yang berwarna putih, masihng-masing beri nama t_buble_biru, t_buble_merah, t_buble_hijau, dan t_buble_kuning.
6. Pada masing-masing lingkaran lagi, pada propeties-kemudian instance berinama:
-lingkaran berwarna biru : buble_biru
-lingkaran berwarna kuning : buble_kuning
-lingkaran berwarna merah : buble_merah
-lingkaran berwarna hijau : buble_hijau
-lingkaran putih t_buble_biru : tempat_buble_biru
-lingkaran putih t_buble_merah : tempat_buble_merah
-lingkaran putih t_buble_hijau : tempat_buble_hijau
-lingkaran putih t_buble_kuning : tempat_buble_kuning
7. Buat layer baru dengan cara klik kanan layer yang sudah ada-insert layer. Berinama action.
8. Pada frame pertama layer action, klik kanan kemudian klik action
Isikan script dibawah ini :
xbuble_hijau = buble_hijau._x
ybuble_hijau = buble_hijau._y
buble_hijau.onPress = function(){
startDrag(this);
}
buble_hijau.onRelease = function(){
stopDrag();
if(this._droptarget=="/tempat_buble_hijau"){
buble_hijau._x = tempat_buble_hijau._x;
buble_hijau._y = tempat_buble_hijau._y;
}else{
xbuble_hijau = buble_hijau._x
ybuble_hijau = buble_hijau._y
}
}
xbuble_biru = buble_biru._x
ybuble_biru = buble_biru._y
buble_biru.onPress = function(){
startDrag(this);
}
buble_biru.onRelease = function(){
stopDrag();
if(this._droptarget=="/tempat_buble_biru"){
buble_biru._x = tempat_buble_biru._x;
buble_biru._y = tempat_buble_biru._y;
}else{
xbuble_biru = buble_biru._x
ybuble_biru = buble_biru._y
}
}
xbuble_kuning = buble_kuning._x
ybuble_kuning = buble_kuning._y
buble_kuning.onPress = function(){
startDrag(this);
}
buble_kuning.onRelease = function(){
stopDrag();
if(this._droptarget=="/tempat_buble_kuning"){
buble_kuning._x = tempat_buble_kuning._x;
buble_kuning._y = tempat_buble_kuning._y;
}else{
xbuble_kuning = buble_kuning._x
ybuble_kuning = buble_kuning._y
}
}
xbuble_merah = buble_merah._x
ybuble_merah = buble_merah._y
buble_merah.onPress = function(){
startDrag(this);
}
buble_merah.onRelease = function(){
stopDrag();
if(this._droptarget=="/tempat_buble_merah"){
buble_merah._x = tempat_buble_merah._x;
buble_merah._y = tempat_buble_merah._y;
}else{
xbuble_merah = buble_merah._x
ybuble_merah = buble_merah._y
}
}
ybuble_hijau = buble_hijau._y
buble_hijau.onPress = function(){
startDrag(this);
}
buble_hijau.onRelease = function(){
stopDrag();
if(this._droptarget=="/tempat_buble_hijau"){
buble_hijau._x = tempat_buble_hijau._x;
buble_hijau._y = tempat_buble_hijau._y;
}else{
xbuble_hijau = buble_hijau._x
ybuble_hijau = buble_hijau._y
}
}
xbuble_biru = buble_biru._x
ybuble_biru = buble_biru._y
buble_biru.onPress = function(){
startDrag(this);
}
buble_biru.onRelease = function(){
stopDrag();
if(this._droptarget=="/tempat_buble_biru"){
buble_biru._x = tempat_buble_biru._x;
buble_biru._y = tempat_buble_biru._y;
}else{
xbuble_biru = buble_biru._x
ybuble_biru = buble_biru._y
}
}
xbuble_kuning = buble_kuning._x
ybuble_kuning = buble_kuning._y
buble_kuning.onPress = function(){
startDrag(this);
}
buble_kuning.onRelease = function(){
stopDrag();
if(this._droptarget=="/tempat_buble_kuning"){
buble_kuning._x = tempat_buble_kuning._x;
buble_kuning._y = tempat_buble_kuning._y;
}else{
xbuble_kuning = buble_kuning._x
ybuble_kuning = buble_kuning._y
}
}
xbuble_merah = buble_merah._x
ybuble_merah = buble_merah._y
buble_merah.onPress = function(){
startDrag(this);
}
buble_merah.onRelease = function(){
stopDrag();
if(this._droptarget=="/tempat_buble_merah"){
buble_merah._x = tempat_buble_merah._x;
buble_merah._y = tempat_buble_merah._y;
}else{
xbuble_merah = buble_merah._x
ybuble_merah = buble_merah._y
}
}
Setelah itu Pada propeties-frame
Nah setelah itu tekan ctrl+enter.
Sekian untuk Tutorialnya, semoga bermanfaat dan tambah kreatif.
Resensi : Fahmi Setiadi
0 Response to "Tutorial Membuat Game Flash Menggunakan Adobe Flash CS"
Posting Komentar
senang bila bisa berkomentar dengan baik :)